Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Apakah keyboard laptop Anda tidak berfungsi? Inilah cara memperbaikinya dalam waktu singkat

 Hallo selamat datang kembali di blog billpaywiki seputar tutorial dan informasi terkini dan terupdate, pada kesempata ini kita akan membagikan tutorial cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, untuk itu simak dan baca baik baik yah agar tidak salah langkah.

Sebelum lanjut ke tutorial ada kala nya anda menyempatkan diri untuk membaca artikel 9 Aplikasi Edit Video HP (Android & iOS) Lengkap Fiturnya yang telah terlebih dahulu kami publikasikan di blog ini.

Laptop adalah mesin portabel yang nyaman, tetapi mereka dapat menyebabkan sakit kepala ketika terjadi kesalahan, mengingat sifatnya yang serba guna. Ini terutama terjadi jika Anda mengalami masalah dengan keyboard yang tidak berfungsi. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengaktifkannya kembali dan menjalankannya — beberapa relatif mudah, yang lain sedikit lebih rumit.

Baca Juga: √ Cara Menghilangkan Tab yang Muncul Sendiri di Google Chrome PC

Bagaimanapun, Anda sering dapat memperbaiki masalah terkait keyboard Anda; ini hanya masalah seberapa cepat, dan apakah Anda harus membayar atau tidak untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini mungkin masalah perangkat keras, tetapi kami memiliki beberapa tip untuk melihat apakah masalahnya adalah sesuatu yang kurang penting.

Catatan editor: Beberapa langkah dalam artikel ini digabungkan menggunakan PC khusus yang menjalankan Windows 11. Ingatlah bahwa langkah-langkah mungkin berbeda tergantung pada perangkat dan versi perangkat lunak Anda.

Hidupkan Kembali komputer Anda

cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi


Setiap kali Anda mengalami masalah PC, ini adalah hal pertama yang harus dicoba sebelum pemecahan masalah lebih lanjut. Memulai ulang komputer dengan cepat, mudah, dan mungkin menyelesaikan masalah yang Anda alami dengan keyboard yang tidak berfungsi. Kabar baiknya adalah Anda mungkin tidak memerlukan keyboard yang berfungsi untuk me-restart laptop Anda. Anda dapat melakukan ini menggunakan mouse atau touchpad.

Cara me-restart PC:
  • Klik pada tombol Windows.
  • Pilih tombol Daya.
  • Pilih Mulai Ulang.
Jika Anda mengalami masalah dengan mouse dan touchpad Anda, tekan dan tahan tombol daya khusus pada PC Anda selama beberapa detik, setelah itu perangkat akan mati. Kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol yang sama.

Jika keyboard Anda tidak berfungsi setelah restart baru, saatnya untuk beralih ke tips berikut.

Bersihkan keyboard



Hal tentang keyboard laptop adalah bahwa tombol cenderung memiliki jarak dan jarak minimal, yang berarti ruang di dalam tombol jauh lebih sempit. Terkadang debu, rambut, dan kotoran lainnya dapat memengaruhi fungsi keyboard. Cobalah untuk membersihkan keyboard Anda sebanyak yang Anda bisa, dan itu mungkin cukup untuk membuat keyboard Anda kembali berfungsi.

Sebelum Anda memulai, pastikan untuk mematikan laptop dan mencabutnya untuk alasan keamanan. Balikkan laptop setelah Anda selesai melakukannya, lalu kocok perlahan dan ketuk di bagian bawah. Mudah-mudahan, Anda dapat menghilangkan debu dan kotoran lain yang ada di bawah keyboard. Anda juga dapat meniup ke keyboard, atau lebih baik lagi, menggunakan sekaleng udara bertekanan.

Coba gunakan keyboard eksternal



Tidak ada salahnya untuk mencolokkan keyboard eksternal ke laptop Anda dan lihat apakah itu berfungsi. Jika keyboard eksternal tidak berfungsi, kemungkinan besar masalah Anda berbasis perangkat lunak. Anda harus khawatir jika keyboard eksternal berfungsi, karena ini mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius yang terjadi dengan keyboard laptop Anda. Namun, jangan khawatir; masih ada harapan!

Perbarui driver keyboard Anda

Terkadang perangkat lunak menjadi nakal atau rusak. Hal yang sama berlaku untuk driver komponen, yang dapat Anda perbarui dengan mudah jika Anda mengalami masalah dengan keyboard laptop Anda yang tidak berfungsi.

Cara memperbarui driver keyboard:
  1. Klik tombol Cari di bilah tugas Windows Anda.
  2. Cari Device Manager dan pilih.
  3. Perluas opsi Papan Ketik.
  4. Temukan keyboard Anda dan klik kanan di atasnya.
  5. Tekan Perbarui driver.
  6. Pilih Cari secara otomatis untuk driver.
  7. Ikuti petunjuk untuk memperbarui driver.
Sekarang Anda dapat me-restart komputer dan melihat apakah Anda masih mengalami masalah dengan keyboard yang tidak berfungsi.

Copot driver keyboard

Jika memperbarui driver Anda tidak membantu, Anda dapat keluar dan menghapus instalannya. Jangan khawatir. Sistem operasi akan mengenali keyboard Anda dan menginstal ulang driver dengan sendirinya.

Cara menghapus driver keyboard Anda:
  • Klik tombol Cari di bilah tugas Windows Anda.
  • Cari Device Manager dan pilih.
  • Perluas opsi Papan Ketik.
  • Temukan keyboard Anda dan klik kanan di atasnya.
  • Tekan Copot pemasangan perangkat.
  • Konfirmasikan dengan memilih Copot pemasangan.
gambar

Nyalakan kembali komputer Anda dan periksa apakah keyboard berfungsi.

Periksa pengaturan tata letak keyboard Anda

Apakah keyboard Anda masih tidak berfungsi? Mari gali pengaturannya lagi. Jika keyboard Anda berfungsi, tetapi mengetik karakter yang berbeda, ada kemungkinan Anda menggunakan tata letak keyboard yang berbeda. Mari kita kembalikan ke bahasa Inggris (atau tata letak bahasa apa pun yang digunakan keyboard Anda).

Cara mengubah tata letak bahasa keyboard Anda:
  • Klik pada tombol Windows.
  • Temukan aplikasi Pengaturan dan buka.
  • Masuk ke Waktu & bahasa.
  • Pilih Bahasa & wilayah.
  • Di bawah Bahasa pilihan, temukan bahasa Anda. Klik tombol menu tiga titik di sebelahnya.
  • Pilih opsi Bahasa.
  • Buka bagian Keyboard dan pastikan Anda telah menginstal tata letak bahasa asli keyboard Anda.

Periksa malware atau virus

Malware dan virus dapat mempengaruhi komputer Anda dalam banyak cara; salah satunya adalah membatasi fungsionalitas keyboard Anda. Sulit untuk menyingkirkan malware atau virus sendiri, tetapi ada banyak perangkat lunak hebat untuk membantu Anda membersihkan komputer.

Aplikasi populer untuk menangani malware dan virus:
  • Malwarebytes
  • Avast
  • McAfee
  • norton

Atau, Anda dapat menggunakan Keamanan Windows, alat antivirus asli Microsoft. Itu datang pra-instal pada mesin Windows.

Masuk ke BIOS

Kami telah kehabisan semua perangkat lunak dasar dan opsi pengaturan. Sekarang saatnya untuk menggali lebih dalam opsi komputer yang lebih serius. Mari kita lihat BIOS untuk mengetahui apakah sistem mengenali keyboard sama sekali.

Inilah cara melakukannya. Restart komputer Anda dan masuk ke BIOS. Anda dapat melakukannya dengan berulang kali menekan tombol tertentu saat komputer melakukan booting. Tombol mana yang harus ditekan bergantung pada laptop yang Anda miliki — biasanya F2 atau Hapus. Kunci yang tepat untuk digunakan akan sering ditampilkan di bagian bawah layar saat PC Anda boot. Ini tidak selalu terjadi. Pencarian Google cepat akan membantu Anda menemukan prosedur khusus laptop Anda untuk mengakses BIOS.

Jika Anda dapat masuk ke BIOS, masalah perangkat lunak yang harus disalahkan untuk masalah terkait keyboard Anda. Tetapi jika Anda tidak dapat masuk ke BIOS, kemungkinan besar Anda menghadapi masalah perangkat keras.

Peringatan: Kami telah menetapkan alasan mengapa keyboard Anda tidak berfungsi mungkin karena masalah perangkat keras. Semua rekomendasi yang akan datang memerlukan setidaknya sedikit mengutak-atik perangkat keras Anda. Ingatlah bahwa melakukan ini dapat membatalkan garansi Anda, dan Anda dapat merusak perangkat Anda jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Lakukan penelitian Anda, berhati-hatilah, dan perhatikan bahwa apa pun yang terjadi hanya akan menjadi tanggung jawab Anda. Jika Anda merasa tidak percaya diri untuk bermain-main dengan perangkat Anda, lewati semuanya dan dapatkan bantuan profesional.

Apakah ada sesuatu di dalam yang dicabut?
Jika Anda mengetahui cara mengatasi internal PC, Anda mungkin ingin melihat ke dalam dan melihat apakah ada yang tercabut (atau rusak). Terkadang keyboard terputus dari motherboard. Saat Anda berada di sana, Anda juga harus melihat apakah ada hal lain yang terlihat aneh.

Coba lepas baterai

Terkadang baterai dapat menyebabkan masalah terkait keyboard, terutama jika terlalu panas. Selain itu, baterai dapat mengembang seiring bertambahnya usia, menyebabkan tekanan di dalam perangkat dan mendorong keyboard keluar dari tempatnya. Coba cabut dan colokkan komputer langsung ke listrik. Nyalakan laptop Anda dan lihat apakah keyboard berfungsi.

Jika semuanya gagal dan Anda masih mengalami masalah dengan keyboard yang tidak berfungsi, saatnya untuk pergi ke profesional. Jika komputer Anda masih dalam garansi, hubungi pabrikan dan coba perbaiki. 

Nah itulah tadi tutorial singkat cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "√ Apakah keyboard laptop Anda tidak berfungsi? Inilah cara memperbaikinya dalam waktu singkat"